Komentar Soeroso Gunawan

Soeroso gunawan wrote:

Date: Thu, 20 Sep 2007 00:22:10 -0700 (PDT)
From: soeroso gunawan
Subject: Re: Pameran di Surabaya
To: Herman Pratomo

Dear Pak Herman

Juni, terlalu menantang Drupa,November mungkin OK,
harga saya masih bingung, mungkin bisa dicari komentar
Bapak2 yang lain,

Mengenai komitment ikut, saya masih belum bisa
pastikan, masih satu tahun lagi, kelamaan.

Mohon pak Herman hati2 urusan seminar, sepengetahuan
saya, belum ada seminar yang sukses jika dibarengi
dengan pameran selama ini di Indonesia, seminar cuma
jadi pelengkap penderita. Jika saya tahu FGD 2007
mengadakan seminar, pasti saya tentang habis-habisan,
dan kenyataannya sesuai dengan prediksi saya pada saat
makan malam di Pinang Bistro. Rugi habis-habisan.

Di Surabaya, Wakeni dan KristaMedia tidak bisa
dianggap enteng, mereka telah tancap kaki, meskipun
kenyataannya kurang berhasil.

kita harus punya sesuatu yang extra ordinary biar
orang2 Jatim dan orang Indo Timur mau meluangkan waktu
untuk datang. Saya rasa ini yang paling penting.
(Ada yang bisa komporin MAN buat launching product di
Surabaya, atau Heidelberg, Komori, etc ??))

Semoga membantu Pak Herman

Regards


Soeroso Gunawan





--- Herman Pratomo wrote:

> Dear SG,
>
> Ya benar, Surabaya & Indonesia bagian Timur mamang
> unik pasarnya; sebenarnya punya potensi pasar, tapi
> belum berkembang.
> Bisa dikatakan komposisi untuk 3 pilar FGD di Timur
> seperti ini:
> 1. Packaging: Surabaya - Malang - Kediri adalah
> pusat Rokok dan industri lainnya, nilai ekonoinya
> luar biasa tingginya, tapi hanya disini saja.
> 2. Publishing: minimal sekali, kalau dulu masih ada
> beberapa penerbitan yang menonjol, saat ini buku
> dikuasai oleh Solo - Yogya - Bandung (& Jakarta
> tentunya), namun otonomi daerah tidak segan2
> memaksakan program2 tertentu untuk meningkatkan
> produksi buku di daerah; Periodicals seperti koran &
> tabloid cukup berpotensi, hanya di Surabaya yang
> mampu bicara menandingi Jakarta (contohnya: iklan
> Jawapos harganya sama dengan Kompas)
> 3. Promosi: berimbang, kemarin di FGDexpo2007 ada
> pembelian digital printing dari Papua.
>
> Secara umum FGD ingin mengedukasi pasar Timur dengan
> Digital OnDemand Printing (meskipun kita juga ingin
> Packaging Design bisa tumbuh di Surabaya), dan kita
> tahu bahwa Surabaya merupakan Hub Indonesia Timur
> (Wakeni bahkan bikin pameran di Makassar bulan Maret
> 2008 ini); Oleh karena itu ada 2 alternatif waktu
> penyelenggaraan: sebelum atau sesudah Krista Media &
> Wakeni (keduanya di JIExpo bulan Agustus).
>
> Kalau bulan Juni akhir seolah-olah kita bawa DRUPA
> untuk disuguhkan di Surabaya, atau 10 November
> menyambut hari Pahlawan? Tolong pak SG bisa berikan
> komentarnya.
>
> Ruang Lingkup rencana pameran:
> Venue: Gramedia Expo Surabaya, jl. Basuki Rakmat,
> beban max. 700 kg/m2
> Event: Pameran Nett Sales Total: 1.400 sqm (50
> booths only)
> Seminar (duplikasi FGDexpo2007: 1x
> Packaging, 1x Publishing + 1x Design)
> Format: 2 hari setting, 4 hari show, 1 hari bongkar,
> (show: Rabu - Sabtu)
> Harga Jual: max. Rp. 600.000,-/sqm nett termasuk PPN
>
> Prediksi finansial:
> Revenue: Rp. 700 juta - Management Fee: 10% (70
> juta)
> Venue Cost: (Rp. 200 juta)
> Operation Cost: (Rp. 120 juta) local driven
> operation
> Publication Cost: (Rp. 100 juta)
> Income: Rp. 210 juta
>
> Business Model: Profit&Lost Sharing (DYP & FGD)
>
> Akan menjadi Starting sales untuk FGDexpo2009
>
> Semoga pak SG bisa support event ini (itung2 utuk
> nunupi beban kerugian Conference 2007 & saya pribadi
> sendiri berharap dapat menerima 10% dari revenue,
> karena FGD saat ini minus tidak bisa hire saya lagi)
>
> salam,
> Herman Pratomo
>
> soeroso gunawan wrote:
> Dear Pak Herman
>
> Sorry saya Sabtu kaga bisa hadir, sampai jam 17:00
> saya masih di Semarang.
>
> Kita harus hati-hati dengan pameran di Surabaya,
> Surabaya marketnya sangat unik, ingat tidak kita
> pergi
> ke Pameran pak Daud, edan itu sepinya, mengerikan.
>
> Saya melihat tahun 2008 adalah tahun Drupa, sedikit
> ngeri menantang raksasa seperti ini,
>
> saya pesimis pak untuk pameran ini, kecuali ada yang
> bisa kita kerjakan. Misalnya : Man Rolland open
> house
> digabungkan disana, setau saya lagi galak sejak
> Indonesia Printer pasang mesin 8 warna. Kenapa tidak
> kita gaet mereka, exclusive untuk Man Roland saja
> open
> husenya, supplier mesin cetak lain jangan diajak.
> Sekalian biar Heidelberg merasakan mempermainkan FGD
> kemarin. Atau supplier lain yang tertarik, tapi buat
> exclusive, jangan dicampur lagi. Jadi cari starnya
> satu gitu. (mungkin ada raksasa lain yang bisa kita
> ajak kerja sama, yang diluar pemikiran saya, tapi
> mesti buat exclusive)
>
> Saya tidak berani kasih commitment, untuk ikut. Tapi
> jika dilaksanakan, After Drupa ??? 4 hari Rabu S/d
> Sabtu ??
>
> Banyak yang mesti kita pikirkan, dan saya minta
> maaf
> baru bisa balas, Balik dari Jateng, kerjaan numpuk.
>
> Regards
>
>
> Soeroso Gunawan

No comments: