Printer Dengan Unsur Jagung

Kampanye Green techology tak lagi hanya bergaung tanpa makna, dan industri grafika digital khususnya percetakan merasakan langsung.

Adalah Fujixerox, dengan dalih tidak mau ketinggalan dalam kampanye penghijauan, merilis printer DocuPrint C2255 seharga US $ 3110, yang disebut sebagai printer yang ramah lingkungan, yakni dengan memasukkan unsur jagung didalamnya.

"Tak hanya DocuPrint C2255 saja yang nantinya akan diproduksi sebagai produk industri digital ramah lingkungan, kedepan, semua produk Fuji Xerox akan ramah lingkungan". Teddy Susanto, Sales Manager Fuji Xerox menjelaskan kepada wartawan di sela-sela peluncuran produk ini di Senayan City, Jumat [12/12/08] lalu.

Selain printer warna DocuPrint C2255, Fujixerox juga merilis dua produk lainnya yang ditujukan bagi kalangan UKM dan rumahan, yakni printer A4 hitam putih terbaru Phanser 3124 dengan harga US $ 119 dan 3125N dengan harga US $ 219.


Bagaimana jagung bisa jadi bahan pembuatan printer?

Melalui sebuah proses kimia, jagung yang telah dilebur bersama materi lainnya dan menghasilkan plastic biomass, dipakai untuk membuat penutup drum di dalam printer DocuPrint C2255.

Didalam material plastic biomass, sangat minim dalam menggunakan jagung sebagai bahan atau material organik, sehingga dapat mengurangi emisi CO2 sebesar 16% selama produksi.

Dibandingkan dengan produk printer laser lainnya, DocuPrint C2255 diklaim oleh Fujixerox lebih ekonomis dan memberi hasil cetak berkualitas tinggi.

Entah karena memakai plastic biomass atau karena printer warna A3 ini berbasis teknologi LED. [mp]

No comments: