Hewlett Packard: Cartridge Tinta Dari Limbah Plastik






The Society of Plastics Engineers ( organisasi profesional di bidang plastik) memberikan penghargaan kepada HP di acara The Global Plastics Environmental Conference, Maret 2008.

Penghargaan tersebut diberikan karena komitmen hp dalam menjaga lingkungan hidup melalui program daur ulang plastik bekas botol air minum untuk dijadikan produk cartridge tinta printer.

Belum ada laporan resmi mengenai kapasitas produksi di Tahun 2008, namun dipastikan mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya [2007], dimana hp telah memproduksi 200 juta cartridge dengan bahan baku plastik bekas.

Mulia Dewi Karnadi, Marketing Group Head hp menjelaskan, bahwa pada tahun 2007 sedikitnya lebih dari 5 juta pound (atau sekitar 2.270 ton) plastik bekas digunakan HP dalam produksi cartridge tinta, dan ditingkatkan 2 kali lipat ditahun 2008.

"Inilah salah satu bentuk nyata hp turut dalam mengurangi dampak pencemaran lingkungan dan emisi karbon." imbuhnya.

Selain mereproduksi sampah plastik bekas air minum, hp juga meminimalisir kemasan produk. Selain hemat bahan baku, juga hemat tempat dalam proses delivery dan memungkinkan lebih banyak produk terbawa dalam satu kali pengangkutan.

No comments: